News Update 28 Maret 2013 08:45:24: 4 Strategi Sukses Hadapi UN 2013

Sejarah Berdiri

 

 

MAKNA LOGO SDN KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA.

  

 

1.Sayap atas berjumlah masing-masing 2, 5 dan 9 helai.

Melambangkan bahwa SD N Keputran 2 merupakan penyatuan dan meleburnya 3 sekolah yaitu SD Keputran II,SD Keputran V dan SD Keputran IX,  menyatukan tekad menuju  harapan lebih baik dari ke 3 sekolah yang pernah ada sebelumnya.

 2.Bintang kuning dipuncak logo.

Ke Ilahian sebagai satu tujuan hakiki dalam melaksanakan segala pengabdian di dunia pendidikan, sehingga semua kegiatan di sekolah didasarkan kepada ibadah dan mengharap keridhoan Ilahi.

 3.Lambang Ha Ba.

Tidak akan memungkiri sejarah, bahwa Sekolah ini pada awalnya didirikan oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat untuk mencerdaskan kehidupan rakyatnya.

 4.Pita biru yang bergelombang.

Mengambil filosif Air yang biru dan bening, demikian pula sekolah ini seakan mata air yang tak pernah lelah dan habis mengalirkan pengetahuan kepada putra bangsa, sehingga melahirkan putra-putri yang memiliki kejernihan jiwa, budi dan fikir.

 5.Mata Pena.

Secara kodrati Pena lah yang menjadi alat menggoreskan pengetahuan pada lembaran-lembaran kertas putih yang masih kosong,demikian pula sekolah ini diharapkan dapat menggoreskan dasar-dasar pengetahuan dan intelektual pada putra-putri bangsa, sebagai dasar.

 6.Buku dengan 6 lembar halaman.

Menyiapkan dan meletakkan dasar pendidikan di 6 tahapan dasar, untuk menghantarkan ke tahapan pendidikan berikut, nantinya.

 7.Warna dasar hijau yang bernuansa sejuk,

Melambangkan tekad semua warga sekolah SD Keputran 2 untuk selalu menciptakan rasa nyaman penuh kesejukan dan penuh kasih sayang yang bijak dalam mendampingi putra-putri nya menuntut ilmu dan tumbuh kembang.

 

Sehingga secara wutuh, Logo sekolah ini menyampaikan pesan filosofis :

Tekad bersama untuk meneruskan semangat pendirian awal sekolah ini, yaitu mencerdaskan rakyat sebagai sebuah bentuk ibadah kepada sang Pencipta, dengan cara mendidik, memberikan ilmu dengan penuh rasa kasih sayang yang bijak, tanpa mengenal lelah sehingga mampu menghantarkan dengan penuh kesejukan putra-putri bangsa menjadi manusia yang memiliki jiwa,budi dan fikir yang jernih..

 

 

 SEJARAH BERDIRINYA SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA

Nama Keputran berasal dari bahasa Jawa yang artinya Putra Dalem atau Ningrat, SDN Keputran pada awal berdirinya adalah sekolah yang dikhususkan bagi anak-anak atau cucu keluarga kasultanan Yogyakarta. Juga sekolah bagi putra-putri para abdi dalem Kraton Yogyakarta.

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Keputran didirikan pada masa kasultanan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, hanya menerima murid atau peserta didik yang berasal dari keluarga Sultan dan abdi dalem saja, tetapi karena perkembangan pendidikan dan kebijakan pemerintah, maka saat ini sudah menerima peserta didik dari masyarakat umum, baik yang berasal dari dalam Kota maupun dari daerah lain diluar kota Yogyakarta

Pada mulanya SDN Keputran merupakan satu bagian tidak terpecah-pecah, tetapi karena perkembangan zaman dan maraknya kompetisi dalam dunia pendidikan menuntut adanya perubahan, maka SDN Keputran dibagi menjadi tiga yaitu, SDN Keputran II, didirikan pada tahun 1946, SDN Keputran V tahun 1960 dan SDN Keputran IX tahun 1978. Pada tahun 2010 tiga SD tersebut digabung lagi menjadi satu dan diberi nama SDN Keputran 2 Yogyakarta. Penggabungan ini berdasarkan Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor: 347/KEP/2010 tentang Penggabungan Sekolah Dasar di Yogyakarta, tanggal, 21 Juni 2010.

 

Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2017Dinas Pendidikan Kota YogyakartaPPDBKALENDER PENDIDIKAN 2017/2018Hasil UTSlowongan
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:2
Total Pengunjung:398239
Total Hits:1154275