News Update 28 Februari 2013 16:40:03: UN SD Kemungkinan Besar Akan Ditiadakan

Guru yang Berkualitas Itu Kritis, Bukan Pengekor

Bookmark and Share
03 Oktober 2012 - 10:29:13 » Diposting oleh : admin » Hits : 993

Guru yang Berkualitas Itu Kritis, Bukan Pengekor

JAKARTA, KOMPAS.com — Masalah pendidikan di Jakarta tidak hanya terkait peristiwa tawuran pelajar, tetapi masalah kualitas guru yang ada di Jakarta juga butuh banyak perhatian. Lalu seperti apa guru yang layak di Jakarta?

Pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, Lody Paat, mengatakan bahwa guru yang berkualitas adalah guru yang memiliki pendapat untuk perkembangan pendidikan dan mampu mengkritisi untuk perbaikan pendidikan Jakarta.

"Guru yang layak di Jakarta adalah guru yang kritis, bukan sebagai pengekor," ujar Lody, di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Kalibata, Jakarta, Selasa (2/10/2012).

Ia menambahkan bahwa guru harus mampu memilih mana yang dapat diaplikasikan pada siswanya dan tidak hanya sekadar mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat. Menurutnya, kebijakan untuk mengatur siswa di kelas merupakan hak dari guru tersebut.

"Jadi guru harus bisa memberi respons pada kebijakan pemerintah, bukan sekadar ikut saja," jelas Lody.

Untuk itu, organisasi guru itu dinilai penting sebagai wadah penyampai aspirasi para guru. Namun, organisasi guru pun harus dibuat secara independen sehingga tidak ada campur tangan pemerintah di dalamnya.

"Organisasi guru itu penting. Mohon maaf saja, bukan seperti organisasi guru yang sekarang. Harus independen dan berani memberi respons pada kebijakan," tandasnya.

Tags :

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 164 + 6 = ?
Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2017Dinas Pendidikan Kota YogyakartaPPDBKALENDER PENDIDIKAN 2017/2018Hasil UTS
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:3
Total Pengunjung:375457
Total Hits:1088294