News Update 12 September 2012 07:48:08: Sikap Orangtua yang Menghambat Prestasi Anak

Belum Pernah Mendongeng? Mulailah Malam Ini

Bookmark and Share
01 November 2012 - 16:43:39 » Diposting oleh : admin » Hits : 1044

Belum Pernah Mendongeng? Mulailah Malam Ini

DEPOK, KOMPAS.com - Anda sering mendengarkan dongeng saat Anda masih kecil? Entah itu oleh orang tua atau acara-acara bermain, tetapi rasanya sangat menyenangkan. Jika Anda pernah mendengar cerita Si Kancil, Sangkuriang sampai cerita anak populer seperti Cinderella atau Putri Salju, tentu Anda masih ingat, paling tidak, pesan utama dari cerita-cerita tersebut hingga saat ini.

Pendongeng, Heru Prakoso, atau yang akrab dipanggil Kak Heru, mengatakan bahwa dongeng memberikan banyak manfaat untuk anak-anak. Dongeng mengajarkan banyak nilai positif yang berguna membangun pola tingkah laku anak saat bertumbuh.

"Dongeng itu bukan hanya sekedar media hiburan tetapi juga alat edukasi yang baik bagi anak-anak," ungkapnya dalam Seminar Sastra Anak di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Depok, Senin (29/10/2012).

Kak Heru menjelaskan bahwa anak-anak yang terbiasa mendengarkan dongeng umumnya lebih pintar berekspresi dan percaya diri saat harus tampil di depan umum. Anak-anak ini juga menjadi lebih mandiri karena terbiasa berpikir kritis dan kreatif dalam menyikapi suatu masalah.

"Dari dongeng tersebut selalu ada nasihat yang tersirat. Tanpa disadari, anak-anak ini akan mengaplikasikan apa yang mereka dapat dari dongeng tersebut terutama dalam menyelesaikan masalah," tambahnya.

Tak hanya itu, anak-anak yang kerap mendengarkan dongeng memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Mereka mampu berkomunikasi dengan baik karena memperoleh banyak kosakata yang didapat dari sebuah dongeng sehingga mudah bersosialisasi. Imajinasi anak-anak ini juga terus dilatih berkembang sehingga secara intelektual anak-anak ini lebih unggul.

Umumnya, sebuah dongeng selalu memiliki pesan moral di baliknya yang membuat anak-anak ini belajar membedakan hal yang baik dan buruk untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan. Tentu saja, dongeng ini dapat mendekatkan sebuah hubungan seperti antar orang tua dan anak.

"Anak-anak ini tidak suka digurui. Jadi memberikan pengertian melalui dongeng ini langkah yang baik dan dapat mempererat hubungan, baik antar orang tua dan anak, kakak dan adik, guru dan murid," tandasnya.

Tak harus ibu yang mendongeng. Ayah juga bisa mendongeng. Nah, bagaimana, mau kan mulai mendongeng malam ini?


Bingung mau memulai mendongeng untuk anak Anda? Simak caranya di "Mau Mendongeng untuk Anak, Mulai dari Mana?"

 
Editor :
Caroline Damanik

Tags :

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 112 + 3 = ?
Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2017Dinas Pendidikan Kota YogyakartaPPDBKALENDER PENDIDIKAN 2017/2018Hasil UTS
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:6
Total Pengunjung:373530
Total Hits:1082579