News Update 31 Agustus 2012 07:39:04: Murid di Kelas yang paling diingat Guru

RSBI Dibubarkan, Orang Tua Murid Syukuran

Bookmark and Share
11 Januari 2013 - 18:50:38 » Diposting oleh : admin » Hits : 1040

RSBI Dibubarkan, Orang Tua Murid Syukuran

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Para orang tua siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Yogyakarta yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Untuk Pendidikan Berkeadilan menggelar tumpengan dan doa syukur atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membubarkan RSBI.

Tumpengan dan doa syukur tersebut di gelar di Tugu Yogyakarta, Kamis (10/1). Selain tumpengan orang tua siswa yang sebagian besar ibu-ibu ini juga menggelar aksi demonstrasi dengan melakukan orasi dan membawa beberapa spanduk. Mereka berjalan dari Jalan Mangkubumi Yogyakarta ke Tugu setempat.

Tumpeng nasi kuning yang dibawa para orang tua siswa ini kemudian di potong di Tugu. Tumpeng ini selanjutnya dibagikan ke para tukang becak yang mangkal di sekitar Tugu.

Menurut koordinator aksi, Ririn, peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia itu bisa dilakukan tanpa RSBI. Diakuinya, RSBI tidak identik dengan maju atau mutunya sebuah pendidikan. "Pendidikan yang paling utama itu di keluarga, RSBI bukan langkah yang tepat untuk peningkatan pendidikan berkualitas," tandasnya.

Pasalnya, melalui RSBI sekolah-sekolah kata dia, seenaknya sendiri melakukan pungutan biaya pendidikan ke siswa. Padahal di sekolah lain pungutan biaya pendidikan hampir tidak ada. Karena itulah menurutnya, RSBI justru memunculkan adanya diskriminasi pendidikan di Indonesia.

Sementara itu Intan, orang tua siswa RSBI SMPN 8 Yogyakarta mengatakan, anaknya memiliki nilai UN tertinggi di sebuah SD di Tegalpanggung, Yogyakarta tahun 2011 lalu. Karena nilai UN yang tinggi tersebut anaknya bisa masuk ke SMPN 8 Yogyakarta yang merupakan RSBI.

Namun kata dia, di sekolah itu anaknya dikenakan sejumlah biaya pendidikan sedangkan di SMP lain tidak. "Di sekolah lain hampir tidak ada biaya pendidikan, kenapa untuk peningkatan kualitas pendidikan dengan sistem RSBI jika hanya untuk mengeruk uang," tandasnya.

Karenanya dengan diputuskannya pembubaran RSBI oleh MK menjadi kebahagiaan tersendiri baginya. Dengan keputusan tersebit pihaknya berharap pihak sekolah segera menindaklanjuti dengan tidak lagi menarik pungutan kepada siswa.

Aksi tumpengan rasa syukur atas pembubaran RSBI ini hanya berjalan sekitar satu jam dan berakhir dengan tertib.

Tags :

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 109 + 3 = ?
Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2017Dinas Pendidikan Kota YogyakartaPPDBKALENDER PENDIDIKAN 2017/2018Hasil UTS
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:3
Total Pengunjung:375458
Total Hits:1088306