News Update 06 Oktober 2012 17:53:38: Ini Dia 4 Mata Pelajaran Wajib SD

Membentuk Karakter Anak Melalui Dongeng

Bookmark and Share
11 Februari 2013 - 07:13:26 » Diposting oleh : admin » Hits : 1121

Membentuk Karakter Anak Melalui Dongeng

Dongeng bermanfaat untuk membentuk karakter anak. Menurut pakar dongeng, Muhammad Aris Kusdianto dari Yogyakarta, budaya dongeng dari orang tua kepada anak semakin jarang ditemui, sehingga mendongeng harus terus dihidupkan terutama oleh keluarga.

"Saat ini, budaya dongeng dari orang tua kepada anak sudah mulai langka. Untuk itu, kami mengajak orang tua untuk menghidupkan kembali budaya mendongeng untuk memberikan kesan hangat di dalam keluarga," kata Aris dikutip dari Antara (09/02/2013).

Selain dapat membentuk karakter anak, mendongeng juga dapat meningkatkan kecerdasan anak sedangkan mendongeng secara rutin cukup efektif dalam mengakrabkan hubungan antara orang tua dengan anaknya.

Melalui dongeng, anak bisa belajar kosakata baru, belajar untuk mengekspresikan perasaan, seperti senang, sedih, ataupun marah, serta menyerap nilai-nilai kebaikannya. Orang tua maupun guru jangan menyia-nyiakan manfaat dongeng untuk anak-anak.

Aris yang dikenal dengan sebutan Kak Aris Pahlawan Bertopeng itu menyarankan kepada orang tua atau guru yang hendak mendongeng, agar tanpa menggunakan media, melainkan hanya lewat gerakan, suara, maupun ekspresi, sehingga anak bisa berimajinasi.

"Jika menggunakan media, imanijasi anak kurang terlatih karena gambarnya sudah bisa dilihat langsung," kata Aris.

Tidak seperti di Taman Kanak-kanak (TK) yang dongeng sudah lebih sering diperkenalkan. Di tingkat sekolah dasar (SD) dongeng masih jarang terjadi. Dongeng juga bisa disukai anak-anak selayaknya seorang anak menyukai makanan favoritnya


Sumber: sekolahdasar.net

Tags :

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 144 + 7 = ?
Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2017Dinas Pendidikan Kota YogyakartaPPDBKALENDER PENDIDIKAN 2017/2018Hasil UTS
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:3
Total Pengunjung:373527
Total Hits:1082562