News Update 09 Januari 2013 07:55:00: Masih Layakkah RSBI Dipertahankan?

Disdik Jamin Transparansi PPDB Online

Bookmark and Share
10 Juni 2012 - 10:24:40 » Diposting oleh : admin » Hits : 1926

Disdik Jamin Transparansi PPDB Online

SUKOHARJO (KRjogja) - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo AA Bambang Haryanto menegaskan bahwa tidak ada siswa titipan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun ajaran 2012/2013. Penegasan tersebut sekaligus menjadi jawaban bagi semua pihak untuk menghadapi PPDB online tahun ini.

Pria yang akrab disapa Anton tersebut mengatakan, adanya titipan siswa saat PPDB online tidak mungkin terjadi. Disdik bahkan menjamin titipan siswa tidak bisa dilakukan oleh bupati sekalipun.

“Saya pastikan tidak ada siswa titipan. Bupati wae ora iso, opo maneh kepala dinas (bupati saja tidak bisa apalagi kepala dinas-red). Mulai tahun ini tidak akan bisa lagi titip-titip kursi,” ujar Anton, Jumat (8/6).

Untuk lebih menjamin transparansi selama pelaksanaan PPDB online. Nantinya Disdik meminta kepada semua sekolah untuk memasang peringkat nilai saat pendaftaran dilaksanakan. Dengan begitu semua masyarakat baik orang tua maupun calon siswa bisa memantau secara langsung tanpa ada kecurangan.

Selain data peringkat pihak sekolah juga wajib aktif memberikan informasi perkembangan terakhir. Sebab hal ini dilakukan untuk menghindari kecurigaan.

“Dari daftar peringkat itu diketahui pihak sekolah hanya punya daya tampung 320 siswa, ya kuota itu yang harus dipenuhi tidak harus membuka penambahan menjadi 321 siswa,” lanjutnya.

Meski sudah melakukan sejumlah aturan ketat saat pelaksanaan PPDB online. Disdik tetap memberikan kewaspadaan sebab pihak sekolah bisa saja melakukan kecurangan. Indikasi tersebut dilihat dari adanya kesempatan sekolah dengan melakukan penambahan jumlah kursi.

“Kuota yang sudah diajukan sekarang sudah saya kunci. Mereka tidak bisa menambah lagi. Penambahan kuota hanya bisa diajukan kalau ada siswa yang nilainya sama. Dan itu pun saya yakin tidak akan banyak,” lanjutnya. (M-7)

Tags :

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 197 + 4 = ?
Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2017Dinas Pendidikan Kota YogyakartaPPDBKALENDER PENDIDIKAN 2017/2018Hasil UTSlowongan
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:8
Total Pengunjung:570268
Total Hits:1675032