News Update 13 Juli 2012 09:28:08: Mengapa Guru Mesti Terus Belajar?

Guru Profesional, Seperti Apa?

Bookmark and Share
18 Juli 2012 - 16:39:23 » Diposting oleh : admin » Hits : 3408

Guru Profesional, Seperti Apa?

Pada awalnya, konsep profesi guru adalah kemampuan memberi dan mengembangkan pengetahuan peserta didik. Kini konsep itu telah bergeser, sesuai dengan perubahan dalam masyarakat dan terkait dengan perkembangan yang cukup pesat di bidang pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang informasi dan komunikasi, yang kemudian mendorong pengembangan media belajar dan teknologi dalam pendidikan.

Dalam masyarakat tradisional guru dianggap profesional jika anak sudah dapat membaca, menulis dan berhitung, atau anak mendapat nilai tinggi, naik kelas atau lulus ujian. Akan tetapi, di masyarakat modern hal-hal seperti itu tidak cukup untuk menggambarkan guru profesional. Bagi masyarakat modern, kompetensi guru tidak hanya dilihat dari keahlian dan keterampilannya, akan tetapi juga sikap dan orientasi guru terhadap perubahan dan inovasi.

Berarti tuntutan masyarakat terhadap kompetensi guru yang terus berkembang tetap tidak berubah. Kompetensi adalah pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan yang dituntut oleh jabatan seseorang. Seorang guru secara mutlak harus memiliki dasar-dasar kompetensi sebagai wewenang dan kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai pendidik, yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan.

Dalam hal inilah guru perlu mengetahui dan memahami kompetensi guru dengan segala seluk beluknya. Kompetensi guru yang dikatakan sebagai modal dalam pengelolaan pendidikan dan pengajaran banyak macamnya. Secara garis besar dapat di lihat dari dua segi yaitu dari segi kompetensi pribadi dan dari kompetensi profesional. Macam-macam kompetensi tersebut ialah:

1. Mengembangkan kepribadian
2. Berinteraksi dan berkomunikasi
3. Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan
4. Melaksanakan administrasi sekolah
5. Melaksanakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran
6. Menguasai landasan kependidikan
7. Menguasai bahan pengajaran
8. Menyusun program pengajaran
9. Melaksanakan program pengajaran
10. Menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan 

Guru yang memahami dan menguasai kompetensinya akan lebih mudah untuk bersikap profesional. Kemampuan profesional meliputi kemampuan intelegensi, sikap dan prestasi kerjanya. Upaya profesional seorang guru adalah upaya seorang guru untuk mentransformasikan kemampuan profesional yang dimilikinya ke dalam tindakan mendidik dan mengajar secara nyata.

Sehingga di dalam masyarakat terdapat pendapat bahwa guru yang profesional adalah guru yang bermutu, yaitu mereka yang dapat membelajarkan siswa secara tuntas, benar dan berhasil. Untuk itu guru harus menguasai keahliannya, baik dalam disiplin ilmu pengetahuan maupun metodologi mengajarnya.

Bagaimana menurut anda, Guraru? Mari sama-sama belajar menjadi guru profesional dengan saling berbagi di Komunitas Guraru.

Tags :

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 128 + 5 = ?
Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2017Dinas Pendidikan Kota YogyakartaPPDBKALENDER PENDIDIKAN 2017/2018Hasil UTS
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:392376
Total Hits:1135491