Administrasi Guru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SD Negeri Keputran II |
Mata Pelajaran |
: |
Ilmu Pengetahuan Alam |
Kelas/Semester |
: |
V/2 |
Alokasi Waktu |
: |
1 x 30 menit |
|
Standar Kompetensi |
|
||||||
|
5. |
Memahami hubungan antara gaya, gerak , dan energi serta fungsinya |
||||||
|
Kompetensi Dasar |
|
||||||
|
5.1 |
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) |
||||||
|
Indikator |
|
||||||
|
|
Kognitif |
||||||
|
|
|
Produk |
|||||
|
|
|
Membedakan pengertian benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis. |
|||||
|
|
|
Proses |
|||||
|
|
|
Mengidentifikasi benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis. |
|||||
|
|
Afektif |
||||||
|
|
1) |
Bekerja sama mengerjakan tugas kelompok. |
|||||
|
|
2) |
Menghargai pendapat teman dalam diskusi kelompok. |
|||||
|
|
Psikomotor |
||||||
|
|
|
Mendemonstrasikan pemanfaatan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis dalam kehidupan sehari-hari. |
|||||
|
|
|
|
|||||
|
Tujuan Pembelajaran |
|||||||
|
|
Kognitif |
||||||
|
|
|
Produk |
|||||
|
|
|
Setelah melakukan tanya jawab siswa dapat membedakan pengertian benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis dengan benar. |
|||||
|
|
|
Proses |
|||||
|
|
|
Setelah melakukan percobaan, diskusi tentang berbagai macam benda magnetis dan tidak magnetis, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis dengan tepat.
|
|||||
|
|
Afektif |
||||||
|
|
|
Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dengan teman |
|||||
|
|
|
Setelah melakukan diskusi kelompok siswa dapat menghargai pendapat teman. |
|||||
|
|
|
|
|||||
|
|
Psikomotor |
||||||
|
|
|
Setelah penugasan siswa dapat mendemonstrasikan pemanfaatan benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. |
|||||
|
|
|
|
|||||
|
Materi Pokok Pembelajaran |
|||||||
|
Gaya Magnet |
|||||||
|
Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran |
|||||||
|
|
Pendekatan |
: |
Student Centre |
||||
|
|
Model |
: |
Contextual Teaching ang Learning |
||||
|
|
Metode Pembelajaran |
: |
Percobaan |
|
|
||
|
|
|
|
Diskusi |
|
|
||
|
|
|
|
Tanya Jawab |
|
|
||
|
|
|
|
Penugasan |
|
|
||
|
|
|||||||
|
Kegiatan Pembelajaran |
|||||||||||||
|
No |
Kegiatan |
Waktu (menit) |
|||||||||||
|
|
Kegiatan Awal a. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam. b. Guru melakukan presensi. c. Guru menghubungkan pengetahuan awal siswa tentang berbagai macam benda yang ada di lingkungannya dengan memberikan pertanyaan berbagai , “Adakah lemari es di rumahmu? d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. |
5 |
|||||||||||
|
|
Kegiatan Inti Eksplorasi: a. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang berbagai macam benda dan sifatnya kemagnetannya menuju ke materi pembelajaran. Rumusan masalah yang di harapkan,”Apakah yang dimaksud dengan pengertian benda magnetis dan tidak magnetis itu? a. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pengertian benda magnetis dan tidak magnetis itu? Elaborasi: a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 3-4 anak. b. Siswa melakukan percobaan dan diskusi kelompok untuk menentukan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis. c. Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS tentang berbagai macam benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis. d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. e. Diskusi kelas untuk menarik kesimpulan. Hasil kesimpulan yang diharapkan adalah bahwa berdasarkan sifat kemagnetannya benda dapat di bedakan menjadi dua yaitu benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis. f. Siswa secara individu diberi tugas untuk mendemonstrasikan pemanfaatan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis dalam kehidupan sehari-hari. Konfirmasi a. Guru bertanya ”Apakah kalian telah mengerti tentang pengertian benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis? b. Guru meberikan penekanan pada hal-hal yang belum dimengerti siswa. c. Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. Kesimpulan yang di harapkan adalah, ternyata setiap benda mempunyai sifat kemagnetan yang berbeda-beda. Logam mempunyai sifat kemagnetan yang kuat dibandingkan kayu atau plastik. Logam mulia (emas) tidak dapat di tarik oleh magnet. |
20 |
|||||||||||
|
|
Kegiatan Akhir a. Siswa mengerjakan soal penilaian ketercapaian kompetensi b. Siswa diberi tugas pekerjaan rumah sesuai materi yang dipelajari. |
5
|
|||||||||||
|
Sumber dan Media Pembelajaran |
|
||||||||||||
|
1. |
Sumber Pelajaran |
: |
Silabus, KTSP SD 2006, BSNP |
||||||||||
|
|
|
|
Buku IPA Kelas V, BSE Karangan Heri Sulisyanto dan Edy Wiyono halamam 90-92 |
||||||||||
|
|
|
|
Buku IPA Salingtemas, Kelas V Karangan Choiril Azmiyawati, Wigati Omegawati, Rohana Kusumawati halaman 88-89 |
||||||||||
|
2. |
Media |
: |
Magnet, karton, paku, karet penghapus, pulpen, paku payung, pensil, peniti, uang logam, potongan kain, potongan kertas |
||||||||||
|
Penilaian |
|
||||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
a. Penilaian Produk (1) Teknik Penilaian :
(2) Rubrik Penilaian : Terlampir b. Penilaian Proses (1) Teknik Penilaian : Non Test (Pengamatan) (2) Rubrik Penilaian : Terlampir
(1) Teknik Penilaian : Non Test (Pengamatan) (2) Rubrik Penilaian : |
|
|||||||||||
No. |
Aspek Penilaian |
Skor |
1. |
Kerjasama |
2 jika dapat bekerjasama dengan teman satu kelompok. |
1 jika tidak dapat bekerja sama dengan teman satu kelompok. |
||
2. |
Menghargai Pendapat |
2 jika mampu menghargai pendapat orang lain |
1 jika egois mempertahankan pendapatnya sendiri |
3. Penilaian Psikomotor
(a) Teknik Penilaian: non tes (pengamatan)
(b) Rubrik Penilaian:
No. |
Aspek Penilaian |
Skor |
1. |
Ketepatan |
Rentang nilai 1- 4 |
2. |
Kejelasan |
Rentang nilai 1- 4 |
4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Kriteria Ketuntasan Minimal Kompetensi Dasar ini sebesar 70.
Kepala Sekolah
Fauzie, A.Ma.Pd NIP.19532101 197604 1 001
……………………………. |
|
Yogyakarta, 8 September 2011 Praktikan
JUMADI No. 11046002710141 |
- J. LAMPIRAN
- a. Lembar Kerja Siswa
Lakukan percobaan berikut ini!
- b. Kunci LKS
Nama Benda |
Bahan Penyusun |
Sifat Benda |
|
Dapat Ditarik Magnet |
Tidak Dapat Ditarik Magnet |
||
Paku |
Logam |
√ |
− |
Penghapus |
Karet |
− |
√ |
Pensil |
Kayu |
− |
√ |
Pulpen |
Plastik |
− |
√ |
Peniti |
Logam |
√ |
− |
- 1. Kisi-kisi Lembar Penilaian Kognitif
No. |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
No Butir Soal |
1. |
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) |
Gaya Magnet |
Menjelaskan pengertian benda magnetis Menjelaskan pengertian benda tidak magnetis Mengidentifikasi benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis |
1 2 3 |
Lembar Penilaian Kognitif dan Kunci Jawaban
Jawablah soal di bawah ini dengan benar!
1. |
Apakah yang di maksud dengan benda magnetis itu? |
2. |
Apakah yang di maksud dengan benda tidak magnetis? |
3. |
Tentukan 2 benda yang termasuk benda magnetis dan tidak magnetis! |
Kunci Jawaban:
1. |
Benda magnetis adalah benda yang dapat di tarik magnet |
2. |
Benda tidak magnetis adalah benda yang tidak dapat di tarik magnet |
3. |
Benda magnetis contohnya; paku ; uang logam,peniti |
|
Benda tidak magnetis contohnya; pulen, kertas, plastik, kayu |
- 2. Kisi-kisi Lembar Penilaian Afektif
No. |
Indikator |
Waktu penilaian |
1. |
Bekerja sama mengerjakan tugas kelompok. |
Proses |
2. |
Menghargai pendapat teman dalam diskusi kelompok. |
Proses |
Lembar Penilaian Afektif
No. |
Nama Siswa |
Kerjasama |
Menghargai Teman |
1. |
|
|
|
2. |
|
|
|
3. |
|
|
|
4. |
Dan seterusnya |
|
|
- 3. Kisi-kisi Lembar Penilaian Psikomotor
No. |
Indikator |
No Butir Soal |
1. |
Menceritakan pemanfaatan benda yang bersifat magnetis r dan tidak magnetis |
1 |
Lembar Penilaian Psikomotor
No |
Nama Kelompok |
Aspek |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1. |
|
Kejelasan |
|
|
|
|
Ketepatan |
|
|
|
|
- 4. RINGKASAN MATERI
Macam-Macam Gaya
Pada bagian sebelumnya telah dibahas bahwa gaya ditimbulkan oleh tarikan dan dorongan. Berdasarkan sumbernya, gaya dapat dikelompokkan menjadi tiga,yaitu gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
Gaya Magnet
Magnet berasal dari batuan yang mengandung logam besi. Batuan logam tersebut diolah sampai akhirnya menjadi magnet. Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet.
Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet.
- a. Mengelompokkan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis
Benda-benda yang dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang bersifat magnetis sedangkan benda-benda yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang tidak magnetis.
Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet. Alat-alat yang memanfaatkan gaya magnet di antaranya pintu lemari es, ujung obeng, ujung gunting, kotak tempat pensil, papan catur, kompas, dinamo, speaker, dan kaset.
- b. Penggunaan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari
Alat lain dalam kehidupan sehari-hari yang juga menggunakan magnet di antaranya adalah pengunci kotak pensil atau tas,kompas, speaker radio, mikrofon, antena pada mobil remot kontrol, dan alarm pengaman mobil.
Magnet juga digunakan pada alat-alat berat untuk mengangkut bendabenda dari besi. Magnet tersebut berasal dari aliran listrik oleh karena itu disebut elektromagnet. Jika tidak ada aliran listrik maka sifat kemagnetannya akan hilang.
- Gambar dan Bagan
Peta Konsep