Berita

Inilah Pengembangan Struktur Kurikulum Baru SD

Kurikulum baru yang akan diterapkan pada ajaran baru tahun 2013 diklaim dikembangkan dari kurikulum yang sekarang masih dipakai, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam kurikulum baru perubahan yang mencolok adalah berkurangnya jumlah mata pelajaran dari 10 menjadi 6. Ada penambahan jam belajar, yaitu bertambah 4 jam perminggunya menjadi 36 jam untuk kelas tinggi.

Dalam uji publik kurikulum kemarin, yang hanya menampilkan slide kurikulum 2013 terdapat materi seperti gambar di bawah ini:

 
Terilihat pada kurikulum KTSP yang semula 10 mata pelajaran menjadi 6 di kurikulum baru, yaitu: Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, dan Penjas. Pada struktur kurikulum baru terjadi penambahan jam belajar 4 jam. Dengan metode tematik intergratif yang akan dipakai membuat guru harus menyisipkan materi yang hilang ke mata pelajaran yang masih tetap ada.

Pada pengembangan struktur kurikulum baru rencananya yang akan menghapus mata pelajaran IPA dan IPS menuai banyak protes. Sehingga muncullah usulan struktur kurikulumbaru seperti pada slide seperti ini:
 
 
Seperti yang nampak pada gambar slide di atas, mata pelajaran IPA dan IPS akan diajarkan pada sebagai mata pelajaran pada kelas 4 atau 5. Sebelumnya hanya ada rencana IPA dan IPS hanya akan diintegrasikan dengan mata pelajaran lain. IPA dan IPS hanya akan mendapatkan 3 jam per minggunya.

Perubahan kurikulum 2013 untuk SD pada tahap awal hanya akan diterapkan pada 30% SD yang ada di seluruh Indonesia. Banyak kalangan menilai, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terlalu memksakan kurikulum baru ini, bahkan pengembangannya tanpa mengevaluasi kurikulum sebelumnya, KTSP. Bagaimana komentar Bapak Ibu terhapap srtuktur kurikulum baru ini?

Tanggapan

Artikel Lainnya

INFO PENDAFTARAN RTO SMP

INFO PENDAFTARAN RTO SMP

BAGI LULUSAN SDN KEPUTRAN 2 TH 2012. DAPAT MENGAJUKAN PENDAFTARAN RTO SMP MELALUI SEKOLAH AKAN DI LAYANI SAMPAI DENGAN TANGGAL 29 JUNI 2012. DI RUANG KELAS 6C SDN KEPUTRAN 2 DENGAN MEMBAWA KARTU UJIAN ASLI. ADAPUN MULAI TANGGAL 4 - 6 JULI 2012 POSKO RTO AKAN MEMBANTU PEMANTAUAN NILAI UNTUK MENENTUKAN SEKOLAH

READ MORE
Februari, Buku Pelajaran Baru Digandakan

Februari, Buku Pelajaran Baru Digandakan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan proses penggandaan buku pelajaran terkait kurikulum baru pada bulan Februari mendatang. Buku ajar ini akan diperbanyak setelah silabusnya rampung disusun.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa substansi buku ajar

READ MORE