Berita

Pelajaran IPA dan IPS untuk SD Akan Dilebur

Pelajaran IPA dan IPS untuk SD Akan Dilebur

JAKARTA, KOMPAS.com Di sela-sela pematangan kurikulum pendidikan nasional baru yang akan diterapkan mulai tahun depan, mencuat wacana bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) akan dilebur. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kabalitbang Kemdikbud) Chairil Anwar Notodiputro mengatakan bahwa berdasarkan hasil kajian tim evaluasi kurikulum, untuk jenjang SD, kedua mata pelajaran tersebut dipandang belum perlu untuk dipisah.

"Menurut pandangan kami, kedua mata pelajaran itu belum perlu dipisahkan secara tegas. Akan kami lebur, dan namanya masih kita pikirkan," kata Chairil saat ditemui di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (28/9/2012).

Dia menegaskan, proses pembelajaran di SD akan lebih memuat cara-cara pembelajaran yang sifatnya tematik. Seperti mengamati hujan, atau mencari sumber pengetahuan di balik keberadaan kendaraan, seperti mobil dan kereta api. Chairil menjelaskan, hal ini dinilai baik karena anak-anak usia SD belum mampu berpikir terlalu rumit.

"Pokoknya kita akan kurangi mata pelajaran hitung-hitungan yang rumit di jenjang SD. Kalau dipaksakan, ujung-ujungnya tidak akan menempel pada siswa," ungkapnya.

Mengikuti rencana peleburan kedua mata pelajaran ini pula, Chairil mengatakan tak ada wacana penambahan waktu mengajar bagi para guru. Hanya, konsekuensinya, kesinambungan dengan mata pelajaran IPA dan IPS yang terpisah di jenjang SMP perlu dipikirkan.

Penjelasan Chairil ini mematahkan kabar bahwa mata pelajaran IPA dan IPS di jenjang SD akan dihapus. Kurikulum pendidikan yang baru akan mulai diuji publik sebelum Februari tahun depan, dan akan mulai berlaku pada tahun ajaran 2013-2014.


Tanggapan

Artikel Lainnya

Malu Bertanya, Sesat Di Otak

Malu Bertanya, Sesat Di Otak

  Oleh Srie   Bertanyalah! Maka, separuh jawaban yang dibutuhkan akan muncul dengan sendirinya. Kebiasaan untuk mau bertanya itu penting. Kemampuan bertanya itu tak kalah penting. Mengapa? Karena seseorang yang bertanya akan terangsang untuk berpikir.   Dengan bertanya, ia akan berusaha untuk

READ MORE
Sikap Orangtua yang Menghambat Prestasi Anak

Sikap Orangtua yang Menghambat Prestasi Anak

KOMPAS.com - Setiap keunikan minat dan bakat yang dimiliki anak bisa membuat mereka menjadi anak yang berprestasi. Hanya saja, terbentuknya mental juara dan pencapaian prestasi mereka membutuhkan dukungan orangtua, keluarga, dan lingkungan terdekat anak. "Dukungan orangtua memberi pengaruh yang sangat besar terhadap

READ MORE
Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Bagaimana caranya meningkatkan konsentrasi belajar anak , adakah trik-trik atau cara-cara yang jitu dan menarik dalam hal ini, tolong solusinya? ~Trisna Geg Itulah salah satu pertanyaan atau permasalahan yang dihadapi guru, ketika kami mencoba menanyakan di halaman SEKOLAH DASAR. Dari situlah, SekolahDasar.Net

READ MORE