Berita

Mendikbud Revisi Kurikulum

Mendikbud Revisi Kurikulum

JAKARTA (KRjogja) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memastikan pemerintah akan membuat kurikulum pendidikan nasional baru dan berlaku mulai tahun ajaran 2013-2014

Menurut Mohammad Nuh, di Jakarta Jumat (28/9/2012) akan mengadopsi kurikulum dari negara OECD yang dianggap sesuai untuk digunakan di Indonesia. Selain itu, negara-negara yang memiliki karakter kebangsaan kuat.

"Hasil kajian Balitbang menyebutkan, dengan adanya materi yang menyuguhkan rumus-rumus rumit, justru tidak melekat di ingatan siswa. Sebaliknya, jika ilmu pengetahuan tadi diajarkan secara tematik, seperti tema hujan, hewan, dan sejenisnya, akan lebih mudah diserap dan diingat siswa," ujarnya.

Secara terpisah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemdikbud
Khairil Anwar  mengatakan dalam revisi kurikulum nanti siswa SD tetap akan mendapatkan pelajaran ilmu pengetahuan sebagai peleburan IPA dan IPS.

"Kemendikbud belum menemukan nama yang tepat. Namun, sudah memiliki gambaran pelaksanaan teknisnya. Jadi gurunya nanti tetap mengatakan ke siswa, ayo anak-anak sekarang waktunya pelajaran ilmu pengetahuan," kata Khairil.

Dia mengatakan peleburan IPA dan IPS murni alasan pedagogis. Sedangkan pada penerapannya siswa tidak boleh dihadapkan pada rumus-rumus atau operasi bilangan yang rumit. (Ati)


Tanggapan

Artikel Lainnya

Ini Standar Penilaian dalam Kurikulum 2013

Ini Standar Penilaian dalam Kurikulum 2013

Perubahan kurikulum yang akan diberlakukan pada 2013 mendatang memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan mendorong siswa untuk aktif. Pada kurikulum baru, siswa bukan lagi menjadi obyek tapi justru menjadi subyek dengan ikut mengembangkan tema yang ada.Dengan adanya perubahan ini, tentunya berbagai

READ MORE
SD hanya Enam Mata Pelajaran Saja

SD hanya Enam Mata Pelajaran Saja

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN--Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan kurikulum pendidikan sekolah dasar akan segera diubah menjadi hanya enam mata pelajaran sehingga tidak terlalu memberatkan pelajar.Menurut Musliar usai acara nonton film inspiratif bersama ratusan siswa

READ MORE