Berita

Kota Pelajar Terpukul Setelah Menjadi Peringkat 3 Kegagalan UN SMP

Kota Pelajar Terpukul Setelah Menjadi Peringkat 3 Kegagalan UN SMP

VIVAlog - Predikat Yogyakarta sebagai kota pelajar agaknya sedikit tercoreng dengan prestasinya tahun ini. Memang tidak menggambarkan secara keseluruhan, tetapi persentase kelulusan siswa SMP di Yogyakarta dinilai cukup buruk tahun ini. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan, Yogyakarta menempati peringkat 11 dalam hal meluluskan siswanya.

Yang lebih mengejutkan lagi, DIY menempati urutan ke-3 dari seluruh Indonesia berdasarkan nilai (Ujian Nasional) UN yang kurang dari 5,5. Dari data tersebut Yogyakarta mendapatkan persentase sebesar 22,51 % atau sebanyak 10.8333 siswa tidak lulus.

Angka 22,51 % cukup mengejutkan dan meleset dari yang ditargetkan. Artinya setiap lima orang siswa ada satu yang tidak lulus ujian.
 
Kendati demikian, kegagalan dalam UN ini tidak menghambat kelulusan siswa. Sebab, Kelulusan siswa ditentukan juga dari ujian sekolah. Setelah digabungkan, hanya 0,72 % siswa SMP di DIY dinyatakan tidak lulus.
 
Mata pelajarang yang banyak membuat siswa tidak lulus adalah matematika, Bahasa Inggris, IPA.
Kali ini DIY diselamatkan oleh ujian sekolah.

 


Tanggapan

Artikel Lainnya

Dampak Kurikulum Baru pada Pelaksanaan UN

Dampak Kurikulum Baru pada Pelaksanaan UN

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dipaparkan pada Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Boediono, Selasa lalu, kurikulum baru akan segera diuji publik dengan menawarkan berbagai pilihan terkait struktur kurikulum tiap jenjang maupun teknis penerapannya. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), kurikulum baru ini nyaris merombak

READ MORE