Berita

RSBI Hilang, Muncul Sekolah Cerdas Istimewa

RSBI Hilang, Muncul Sekolah Cerdas Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dibubarkannya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) tampaknya bakal digantikan sekolah cerdas istimewa. Naskah kajian pengembangan pendidikan khusus cerdas istimewa (CI) sedang digodok di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Menurut penyusun naskah Sus Budiharto dan Prof Akhmad Fauzy, pendidikan khusus CI ini dilaksanakan tiga program yaitu pengayaan (enrichment), percepatan (acceleration), dan campuran pengayaan dengan percepatan.

"Penyelenggaraan pendidikan ini dapat dilakukan dalam bentuk kelas reguler, kelas khusus, dan satuan pendidikan khusus," kata Sus Budiharto di Yogyakarta, Sabtu (26/1).  

Uji publik naskah sekolah cerdas istimewa ini menghadirkan Direktur PKLK Dikmen, Kemendikbud, A Budi Priadi, Prof Indra Djati Sidi (Guru Besar ITB), Prof Eko Supriyanto (Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta), dan Sugiman (Universitas Negeri Semarang).

Sedangkan peserta uji publik adalah guru-guru penyelenggara program pendidikan khusus CI di DIY, praktisi pendidikan, dan sejumlah undangan.

Profesor Akhmad Fauzy mengatakan berdasarkan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 5 ayat 4, warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat  istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.

Kemudian pasal 12 dijelaskan setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing.

Lebih lanjut Fauzy mengatakan kelas khusus diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa. Namun agar bisa masuk kelas khusus, persyaratannya sangat berat, yaitu Nilai rapor kelas IX rata 8, rata-rata nilai ujian nasional (UN) SMP minimal 8, dan tes kemampuan akademis 8 menggunakan skala 10. Syarat lain, IQ minimal 140.

"Guru yang mengajar di kelas khusus CI juga diseleksi dengan ketat dan fasilitas kelas ada standar minimal," kata Fauzy.


Tanggapan

Artikel Lainnya

Mau-Maunya Guru Dibodohin

Mau-Maunya Guru Dibodohin

Perubahan akan terjadi jika kita memang bertekad untuk berubah. Perubahan mustahil terjadi jika kita enggan berubah. Mungkin keengganan itu disebabkan kenyamanan yang telah kita miliki sehingga kita khawatir kenyamanan itu akan hilang. Maka, di situlah kebodohan terletak dan diletakkan, yakni hidup dalam kungkungan

READ MORE
Singgasana Termahal di Istana Pendidikan

Singgasana Termahal di Istana Pendidikan

Pendidikan merupakan proses perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham,dari tidak mengerti menjadi mengerti. Mengetahui-memahami-mengerti-melakukan = akan didapat siswa yang kreatif dan inovatif. Proses pendidikan tempo dulu sangatlah sederhana,belajar dari lingkungan alam sekitarnya,

READ MORE
Guru Profesional, Seperti Apa?

Guru Profesional, Seperti Apa?

Pada awalnya, konsep profesi guru adalah kemampuan memberi dan mengembangkan pengetahuan peserta didik. Kini konsep itu telah bergeser, sesuai dengan perubahan dalam masyarakat dan terkait dengan perkembangan yang cukup pesat di bidang pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang informasi dan komunikasi, yang

READ MORE