Berita

Disdik Jamin Transparansi PPDB Online

Disdik Jamin Transparansi PPDB Online

SUKOHARJO (KRjogja) - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo AA Bambang Haryanto menegaskan bahwa tidak ada siswa titipan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun ajaran 2012/2013. Penegasan tersebut sekaligus menjadi jawaban bagi semua pihak untuk menghadapi PPDB online tahun ini.

Pria yang akrab disapa Anton tersebut mengatakan, adanya titipan siswa saat PPDB online tidak mungkin terjadi. Disdik bahkan menjamin titipan siswa tidak bisa dilakukan oleh bupati sekalipun.

“Saya pastikan tidak ada siswa titipan. Bupati wae ora iso, opo maneh kepala dinas (bupati saja tidak bisa apalagi kepala dinas-red). Mulai tahun ini tidak akan bisa lagi titip-titip kursi,” ujar Anton, Jumat (8/6).

Untuk lebih menjamin transparansi selama pelaksanaan PPDB online. Nantinya Disdik meminta kepada semua sekolah untuk memasang peringkat nilai saat pendaftaran dilaksanakan. Dengan begitu semua masyarakat baik orang tua maupun calon siswa bisa memantau secara langsung tanpa ada kecurangan.

Selain data peringkat pihak sekolah juga wajib aktif memberikan informasi perkembangan terakhir. Sebab hal ini dilakukan untuk menghindari kecurigaan.

“Dari daftar peringkat itu diketahui pihak sekolah hanya punya daya tampung 320 siswa, ya kuota itu yang harus dipenuhi tidak harus membuka penambahan menjadi 321 siswa,” lanjutnya.

Meski sudah melakukan sejumlah aturan ketat saat pelaksanaan PPDB online. Disdik tetap memberikan kewaspadaan sebab pihak sekolah bisa saja melakukan kecurangan. Indikasi tersebut dilihat dari adanya kesempatan sekolah dengan melakukan penambahan jumlah kursi.

“Kuota yang sudah diajukan sekarang sudah saya kunci. Mereka tidak bisa menambah lagi. Penambahan kuota hanya bisa diajukan kalau ada siswa yang nilainya sama. Dan itu pun saya yakin tidak akan banyak,” lanjutnya. (M-7)


Tanggapan

Artikel Lainnya

Ciri-ciri Guru Kreatif yang Profesional

Ciri-ciri Guru Kreatif yang Profesional

Dengan menjadi kreatif guru akan dapat menunjukkan kinerja yang baik. Guru kreatif sebagai salah satu ciri guru profesional yang mampu melaksanakan tugas secara berkesinambungan kapanpun dan dimanapun. Kreatifitas merupakan sifat pribadi seorang individu yang tercermin dari kemampuannya untuk menciptakan sesuatu yang

READ MORE
Mengapa Guru Mesti Terus Belajar?

Mengapa Guru Mesti Terus Belajar?

Mengapa guru dituntut untuk terus belajar? Bukankah tugas utama seorang guru adalah mendidik murid-muridnya yang seharusnya lebih diprioritaskan? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu barangkali pernah menghinggapi para guru, di tengah-tengah kesibukannya mengajar dalam tugas keseharian. Dan jawaban para guru atas

READ MORE