Berita

Tips Memilih Sekolah yang Terbaik untuk Anak

Tips Memilih Sekolah yang Terbaik untuk Anak

Tahun ajaran baru sudah akan dimulai, ada siswa yang lulus dan ada siswa baru yang akan masuk sekolah. Kami akan memberikan tips sederhana bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya masuk sekolah dasar (SD). Bagi anak, masuk sekolah baru adalah hal yang menggembirakan sama seperti halnya anak (siswa) yang lulus. Kegembiraan itu tidak hanya karena masuk jenjang yang lebih tinggi tetapi juga akan bertemu dengan teman-teman baru.

SD adalah jenjang pendidikan dasar, untuk masuk SD menurut peraturan pemerintah tidaklah perlu menggunakan tes. Untuk masuk SD tidak didasarkan pada tes baca, tulis dan berhitung, kalaupun itu dilakukan tidak menjadi dasar penerimaan tetapi hanya untuk pemetaan kemampuan siswa baru.

Sering orang tua memilih sekolah untuk tempat pendidikan anaknya didasarkan pada lulusan dari suatu sekolah. Jika kebanyakan lulusan dari sebuah sekolah itu bagus maka orang tua menilai sekolah itupun juga bagus, sehingga orang tua tidak ragu untuk memasukkan anaknya di sekolah tersebut. Selain itu inilah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah untuk anak:

  • Pilih sekolah yang memiliki sarana dan prasarana atau fasilitasnya mendukung dan lengkap, serta fasilitas itu benar-benar dimanfaatkan untuk proses pendidikan anak. Karena tidak jarang ditemui sekolah yang terlihat mewah dan banyak memiliki fasilitas tetapi tidak didaya gunakan secara maksimal. Misalnya, sekolah itu memiliki perpustakaan tetapi jarang dibuka.
  • Pilih sekolah yang mudah dijangkau. Bisa dikatakan juga dekat dengan rumah. Proses belajar tidak hanya di sekolah, kadang anak harus ke rumah temannya untuk belajar bersama atau kelompok. Tentu juga akan lebih hemat biaya dan waktu.
  • Pilih sekolah yang tidak hanya mengedepankan prestasi akademik anak tetapi juga sekolah yang mampu mewadahi bakat dan minat anak. Tidak hanya aspek kognitif saja, melainkan sekolah juga bisa mengembangkan kemampuan afektif dan motorik anak. Sekolah yang bisa memfasilitasi yang beragam jenis dan tingkatannya.
  • Pilih sekolah yang dikelola dengan baik, yang memiliki transparasi dan kejelasan visi dan misi. Sekolah yang bisa menjalin hubungan baik dengan anak, karena dengan kerja sama keduanya pendidikan anak akan berlangsung dengan baik juga.
  • Pilih sekolah yang memiliki tenaga pendidik atau . Proses belajar mengajar dirancang dan dilakukan dengan kreatif, menyenangkan, efektif dan inovatif. Kemampuan dan kompetensi guru selalu diperbarui tentu dengan berbagai cara semisal melalui pelatihan.


Itulah tips dalam memilih sekolah untuk anak, memang tidak ada yang sempurna, tetapi Anda masih bisa memilih sekolah yang terbaik untuk pendidikan anak. Anda juga bisa menambahkan tips atau memberikan pendapat dan komentar. Tulis saja di kotak komentar!




Tanggapan

Artikel Lainnya

Ini Alasan MK Batalkan Status RSBI/SBI

Ini Alasan MK Batalkan Status RSBI/SBI

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar mengungkapkan alasan MK mengabulkan gugatan terhadap status Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dan Sekolah Berstandar Internasional. Akil mengatakan status-status tersebut memunculkan diskriminasi dalam pendidikan dan membuat sekat

READ MORE
IPA/IPS Dihapus? Perlu Dipertimbangkan

IPA/IPS Dihapus? Perlu Dipertimbangkan

  YOGYA (KRjogja) - Wacana pemerintah menghapus mata pelajaran IPAdan IPS di tingkat SD dalam kurikulum baru kelak, perlu dipertimbangkan kembali. Karena pelajaran tersebut berkaitan erat dengan fenomena sosial yang ada di masyarakat. Misalnya, rasa nasionalisme, solidaritas sosial dan saling menghargai yang

READ MORE