Berita

Penguasaan Kompetensi Diutamakan

Penguasaan Kompetensi Diutamakan

JAKARTA, KOMPAS.com — Perubahan kurikulum yang sedang dimatangkan tim pakar dan pemerintah menitikberatkan pembelajaran untuk penguasaan kompetensi. 

Karena itu, pembelajaran dapat dikembangkan dengan pendekatan integratif dari berbagai mata pelajaran yang dibutuhkan guna mencapai kompetensi yang perlu dicapai siswa di setiap jenjang pendidikan.

"Kalau dulu, kan, pendekatan belajar siswa itu pada mata pelajaran. Nanti kita maunya pada kompetensi. Karena itu, harus dibuat jelas kompetensi untuk tiap jenjang dan berkesinambungan," kata Khairil Anwar Notodiputro, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (2/11/2012).

Khairil menjelaskan, dalam pembahasan kurikulum yang siap dilokakaryakan pada November ini, akan ada penyederhanaan. "Masih dibahas, penyederhanaannya itu bisa isi, mata pelajaran, atau kompetensi dasar. Sebab kurikulum yang ada sekarang ini dinilai sangat padat dan berat," kata Khairil.

Selain itu, perubahan kurikulum juga harus memastikan efektivitas pencapaian kompetensi-kompetensi tertentu yang semestinya dikuasai siswa. Dalam hal ini, peran guru menjadi penting untuk dapat mewujudkan pembelajaran secara aktif.

Menurut Khairil, perubahan kurikulum dilakukan sekaligus di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tinggi dengan tujuan untuk kesinambungan. "Harus dipetakan kompetensi tiap jenjang secara gradual. Karena itu, perubahan kurikulum yang dibahas menyeluruh," kata Khairil.

Adapun soal pelaksanaan kurikulum baru yang ditargetkan pada tahun ajaran baru 2013, Khairil mengakui sampai saat ini belum diputuskan tim. Implementasi kurikulum baru nanti bisa sebagian, keseluruhan, atau percontohan, diputuskan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi negara.

Kurikulum baru nanti sebagai pengendalian dari pusat yang minimal. Sekolah yang mampu untuk mengembangkan tetap bisa berkreasi sesuai kebutuhan sekolah.

Terkait kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), Khairil mengakui, memang implementasinya tidak seperti diharapkan. Kompetensi guru yang terbukti rendah sesuai hasil uji kompetensi guru menjadi kendala terbesar sekolah-sekolah tidak mampu mengembangkan KTSP di sekolahnya masing-masing.

 

 

 
Editor :
Tjahja Gunawan Diredja

Tanggapan

Artikel Lainnya

Menjadi Guru yang Diminati

Menjadi Guru yang Diminati

Proses belajar mengajar seharusnya merupakan proses interaktif semua elemen yang terkait di dalamnya. Karenanya, sangat janggal ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung interaksi itu tidak ada. Jika itu terjadi, tentu hasilnya tidak bisa maksimal dan pengajaran pun menjadi tidak menarik dan tidak diminati. Memang

READ MORE
Ciri-ciri Guru Kreatif yang Profesional

Ciri-ciri Guru Kreatif yang Profesional

Dengan menjadi kreatif guru akan dapat menunjukkan kinerja yang baik. Guru kreatif sebagai salah satu ciri guru profesional yang mampu melaksanakan tugas secara berkesinambungan kapanpun dan dimanapun. Kreatifitas merupakan sifat pribadi seorang individu yang tercermin dari kemampuannya untuk menciptakan sesuatu yang

READ MORE
Guru Akan Didampingi di Dalam Kelas

Guru Akan Didampingi di Dalam Kelas

Persiapan guru untuk kurikulum baru yang akan diterapkan pada Juli bukan hanya terbatas pada pelatihan, melainkan juga akan ada pendampingan intensif bagi para guru oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan.Menteri

READ MORE